MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI HAJI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA SMPN 3 JARO

Ismiyatun Ismiyatun

Abstract


Tujuan yang menjadi kajian peneliti yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi haji di kelas IXA SMPN 3 Jaro. 2) Untuk mengetahui implementasi model discovery learning dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SMPN 3 Jaro pada materi haji.

            Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan tiap tahap siklusnya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitiaan diperoleh melalui observasi di kelas, instrument tes, kuesioner, dan dokumentasi hasil tindakan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.   

            Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan model discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IX A pada materi haji.

 2) Implementasi model discovery learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMPN 3 Jaro pada materi haji terlihat dari peningkatan standar nilai        n-gain dari kategori cukup, menjadi kategori sangat baik yaitu 96%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.