PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TENTANG BUSANA MUSLIM KELAS X SMAN 4 MUARA TEWEH

Madinatul Munawwarah

Abstract


Pendidikan agama Islam adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian peserta didik berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam al-Qur`an dan as-Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran dan harus mendapat perhatian yang seksama dari pendidik agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Metode diskusi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, karena dengan menggunakan metode diskusi, peserta didik akan mempelajari sesuatu melalui cara musyawarah dengan teman- temannya di bawah pimpinan atau bimbingan guru. Hal ini perlu bagi kehidupan peserta didik kelak, bukan saja karena manusia senantiasa dihadapkan pada berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan seorang diri, melainkan juga karena melalui kerja sama atau musyawarah mungkin diperoleh suatu pemecahan yang lebih baik. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam PTK dan mengambil judul Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Peserta didik Pada Materi Busana Muslim Kelas X SMAN 4 Muara Teweh .

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Kelas X SMAN 4 Muara Teweh

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasannya metode diskusi merupakan salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran PAI dan dapat meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman peserta didik di Kelas X SMAN 4 Muara Teweh. Dan dengan disediakannya media pendukung belajar seperti proyektor yang mana akan membantu memotivasi peserta didik-peserta didik yang kurang senang atau malas dalam mengikuti metode pembelajaran tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.