PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Madinatul Munawwarah

Abstract


Masalah utama pembelajaran peserta didik di tingkat sekolah menengah atas kesulitan memahami tanpa adanya interaksi dalam kegiatan diskusi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik memahami, berfikir dan mengajukan pendapat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di Kelas X SMAN 4 Muara Teweh.

Penelitian yang lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau dalam bahasa Inggris disebut Classroom Action Research.

Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasannya metode diskusi merupakan salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran PAI dan dapat meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman peserta didik di Kelas X SMAN 4 Muara Teweh. Dan dengan disediakannya media pendukung belajar seperti proyektor yang mana akan membantu memotivasi peserta didik-peserta didik yang kurang senang atau malas dalam mengikuti metode pembelajaran tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.