UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE MAKE A MATCH

Sri Prehaten

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya ketertarikan siswa terhadap metode yang digunakan guru dalam pembelajaran, yang menyebabkan siswa lambat memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga membuat nilai hasil belajarnya rendah  di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk  menggunakan model Cooperative Learning tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi Mengenal Allah melalui Asmaul Husna di Kelas VA SDN I Sepakat kec. Mantewe Kab,Tanah Bumbu. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN I Sepakat kec.mantewe yang  berjumlah 14 siswa ,terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan lembar obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe make match dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi mengenal Allah melalui Asmaul Husna pada siswa kelas VA SDN I Sepakat  Kab.Tanah Bumbu. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, persentase ketuntasan mencapai 35,71% yang hanya di capai oleh 5 siswa dari 14 siswa dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi  8 anak dengan prosentase 57,14 %. Dan prosentase meningkat lagi pada siklus II  dengan ketercapaian hingga 100% dimana seluruh siswa telah  mencapai ketuntasan  secara klasikal dari hasil belajar PAI materi mengenal Allah melalui Asmaul Husna.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.