MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERNIKAHAN KELAS XII SMAN 1 TABUNGANEN

Zakiyah Zakiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam; (2) mengetahui apa saja faktor yang penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik (3) mengetahui apa saja faktor yang pendukung dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 1 siklus. Dalam 1 siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai denganĀ  tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil observasi pada siklus 1 pertemuan 1 dan pertemuan 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XII SMAN 1 Tabunganen dalam pembelajaran pendidikan agama islam materi pernikahan mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas dari pertemuan pertama dihasilkan skor 20 dengan presentasi 50% kriteria Kurang Aktif maka pada pertemuan kedua dihasilkan skor 30 dengan presentasi 75% kriteria Aktif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.