UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI TUGAS BERBASIS PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS VII SMPN-2 SIMPANG EMPAT

Lilik Kholimah

Abstract


Salah satu strategi pembelajaran yang memusatkan proses pembelajaran pada siswa adalah metode pembelajaran dan penilaian portofolio. Secara umum portofolio dapat berbentuk tugas-tugas yang dikerjakan siswa, laporan kegiatan siswa,   dan    karangan    jurnal   yang    dibuat   siswa.   Pembelajaran dengan menggunakan portofolio diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dalam penelitian ini dibatasi pada mata pelajaran PAI. Subjek dan objek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu dengan rincian 17 siswa laki-laki, dan 15 siswa perempuan. Pemilihan subjek dan objek penelitian adalah (1) peneliti bertugas pada sekolah sebagaimana disebutkan di muka, dan (2) kelas VII D dipilih karena hasil belajar kelas dimaksud paling rendah dibanding kelas VII yang lain.

PTK ini didesain dengan dua siklus dengan desain tindakan yang sama yakni,

(1)   perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Intrumen pada penelitian adalah penilaian berupa daftar cek, skala tipe, komentar, bentuk penilaian ada yang menggunakan butir nilai, prosentase atau tingkatan huruf untuk tiap kriteria. Teknik pengumpulan data PTK ini adalah tes tulis, observasi, dan dokumentasi.

Pada tahap analisis data kualitatif, peningkatan prestasi belajar melalui tugas portofolio dalam pembelajaran PAI digunakan dalam penelitian ini guna melihat tanda-tanda perubahan pada siswa dalam proses pembelajaran. Pada analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis jumlah siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar melalui tugas portofolio dalam pembelajaran PAI yang diperoleh dari tindakan siklus I, dan II.

Pada analisis data, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dengan menngunakan metode pembelajaran portofolio. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I rata-rata nilai 6,50; sedang pada siklus II rata- rata nilai 7,72.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.