PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS&RESITASI PADA SISWA KELAS I SDN-4 SELAT HILIR

Siti Aisyah

Abstract


Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti melalui metode pemberian tugas belajar dan resitasi pada siswa kelas I B SDN 4 Selat Hilir, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Pembelajara ini dilaksanakan dalam empat tahap yaitu : (1) Tahap Perencanaan. (2) Tahap Pelaksanaan, yang terdiri dari tiga fase Awal, Inti dan Akhir. (3) Tahap Observasi dan (4) Tahap Refleksi. Tingkat pencapaian pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti dengan menggunakan metode pemberian tugas belajar dan resitasi mengalami peningkatan. Hal  ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kela I B SDN 4 Selat Hilir pada setiap akhir pembelajaran tersebut dari siklus I dan II. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 60 % dan daya serap klasikal mencapai 72 %, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu ketuntasan belajar klasikal  90 % dan daya serap klasikal mencapai 96 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menggunakan metode pemberian tugas belajar dan resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I B SDN 4 Selat Hilir, Serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dan guru selama proses belajar mengajar berlangsung.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.