MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI JUJUR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Anita Marliani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan hasil belajar PAI materi Jujur Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Al-Mukhlishin Tabalong semester I tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru Siklus I mencapai skor 29 kriteria “Baik” dan Siklus II mencapai skor 38 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada Siklus I mencapai kriteria “Aktif” dan Siklus II mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Pada Siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 67% dan pada Siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 97%. Saran penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk memilih dan menggunakan model pembelajaran dalam memperbaiki kualitas pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.