UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AL-FALAQ MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA KELAS IV SDN 2 MALAWAKEN

Faridah Faridah

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana Pemakaian media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan benar sesuai kaidah makhraj dan tajwid serta menghasilkan kemampuan membaca yang benar pada siswa Kelas IV SDN 2 Malawaken Kabupaten Barito Utara. Penelitian ini bertujuan siswa mampu membaca al-Qur’an dengan benar, maka diharapkan membaca al-Qur’an menjadi aktivias rutin yang dilakukan siswasehari-hari, sehingga terbentuk generasi qur’an.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa terutama kemampuan membaca pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi membaca Surah Al-Falaq Untuk mengetahui media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SDN 2 Malawaken Kabupaten Barito Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan dengan menggunkan media audio visual.

Hasil penelitian menunjukkan dari hasil pretes atau tes pada pra tindakan memperlihatkan data antara lain skor rata-rata kelas yaitu 60,00 dengan prosentase ketuntasan dalam kelas yaitu 20 %, dengan demikian masih terdapat sekitar 80 % siswa yang harus mendapat pengaruh yang intensif dari media audio visual, pada siklus II skor rata-rata siswa menjadi 70,00 dengan prosentase ketuntasan dari keseluruhan menjadi 90 %, atau dari jumlah 10 siswa masih ada 1 siswa yang dikategorikan belum mencapai standar kemampuan baca al-Qur’an

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan Kemampuan membaca al-Qur’an dengan tartil melalui media audio visual pada siswa kelas IV di SDN 2 Malawaken Kabupaten Barito Utara. mengalami peningkatan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.