UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA KELAS DASAR

Faridah Faridah

Abstract


Masalah utama dikondisi anak sekolah dasar kesulitan dalam membaca,menghafal dan menulis huruf-huruf Al-Quran sehingga pada kegiatan belajar mengajar tidak berjalan dengan baik,guru diharapkan mampu menemukan inovasi baru dalam pembelajaran dalam hal ini memanfaatkan media audio visual.

Tujuannya adalah untuk  meningkatkan hasil belajar siswa terutama kemampuan membaca pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi membaca Surah Al-Falaq Untuk mengetahui media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SDN 2 Malawaken Kabupaten Barito Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan dengan menggunkan media audio visual.

Hasil penelitian menunjukkan dari hasil pretes atau tes pada pra tindakan memperlihatkan data antara lain skor rata-rata kelas yaitu 60,00 dengan prosentase ketuntasan dalam kelas yaitu 20 %, dengan demikian masih terdapat sekitar 80 % siswa yang harus mendapat pengaruh yang intensif dari media audio visual, pada siklus II skor rata-rata siswa menjadi 70,00 dengan prosentase ketuntasan dari keseluruhan menjadi 90 %, atau dari jumlah 10 siswa masih ada 1 siswa yang dikategorikan belum mencapai standar kemampuan baca al-Qur’an

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan Kemampuan membaca al-Qur’an dengan tartil melalui media audio visual pada siswa kelas IV di SDN 2 Malawaken Kabupaten Barito Utara. mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.