MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IBADAH HAJI

Saripah Saripah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa SMPN 6 Mantangai khususnya dikelas IX, dimana siswa pada proses belajar mengajar masih terbiasa bersikap pasif , tidak terlalu merespon dan hasil belajarnya rendah.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ibadah haji dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ibadah Haji .

Penelitian ini dilaksanakan pada minggu pertama bulan Agustus - minggu pertama dibulan  September 2021 di SMPN 6 Mantangai dikelas IX dengan menggunakan metode pendekatan Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu: 1. Tahap Perencanaan, 2. Tahap Pelaksanaan, 3. Tahap Observasi, 4. Tahap Refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa serta soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning  pada materi ibadah haji di Kelas IX SMPN 6 Mantangai dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa berdasarkan persentase aktivitas dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I (40%), pada siklus II (85%) yang mana terjadi peningkatan sebesar 45% dimana lebih dari 80% siswa melewati nilai KKM yaitu 70.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.