PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS V MODEL PEMBELAJARAN BASED-LEARNING DI SDN SARING SUNGAI BUBU

Mulyani Mulyani

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Based learnng pada siswa kelas V mata pelajaran PAI Materi berpuasa pada bulan ramadan di SDN SARING SUNGAI BUBU .Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) ddengan dua siklus dengan menggunakan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, melakukan observasi, serta mengerjakan refleksi. Sebagai subyeknya adalah siswa kelas V SDN Saring Sungai Bubu Tahun Pelajaran 2021/2022. Yang berjumlah 22 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan hasil nilai tes. Analisis data adalah deskriptif kwalitatif. Hal ini didukung dengan hasil nilai rata- rata pre tes pada siklus I sebesar 65 pada siklus II sebesar 72 sedang hasil nilai rata-rata pos tes siklus I sebesar 75 dan siklus II sebesar 78. KKM pada siklus I, 66 % sedang pada siklus II, 100 %. Dapat disimpulkan Setelah menggunakan model pembelajaran Based learning dalam pembelajaran PAI meningkatkan kemampuan prestasi belajar siswa kelas V SDN Saring Sungai Bubu , Kec. Kusan Tengah Kab Tanah Bumbu secara keseluruhan bahwa pembelajaran Based leraning dapat meningkatkan prestasi belajar baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik disarankan bahwa pembelajaran model Based learning layak dikembangkan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.