UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING

Saidah Saidah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam yang masih bersifat monoton karena hanya menggunakan metode ceramah yang membuat pesertadidik tidak tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajarnya oleh karena itu perlu upaya peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tersebut yaitu dengan menggunakan  metode problem solving.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Problem Solving Pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Sei Teras Kecamatan Kapuas Kuala Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2021/2022.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Sei Teras dengan jumlah 11 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengambilan data dilakukan menggunakan tiga cara yaitu teknik observasi, tekniktes dan teknik dokumentasi.

Prosedur Tindakan yang dilakukan dalam Penelitian ini meliputi kegiatan siklus I dan siklus II yang di dalamnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian ini akan dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 80% siswa mencapai KKM yaitu 75.

Hasil penelitian menunjukkan Ketuntasan  belajar siswa pada siklus I sebesar 54,54% dengan nilai rata-rata 83,63 dan pada siklus II sebesar 100% dengan nilai rata-rata 83,63. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan metode Problem Solving pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sei Teras meningkat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.