MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKHLAK ( CITA-CITAKU MENJADI ANAK SALIH ) DENGAN MENGGUNAKAN METODE KISAH PADA SISWA KELAS V SDN 2 SARIGADUNG KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Siti Rahimah

Abstract


Penerapan metode kisah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan kegiatan yang meliputi pemberian kisah kepada siswa, baik itu kisah-kisah nabi dan rasul, para sahabat, ataupun kisah-kisah teladan dan inspiratif yang ditampilkan melalui tayangan video. Pemberian kisah selalu dilandaskan pada sumber hukum Islam yaitu al-Qur’an dan Hadits.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam materi tentang akhlak. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakannya adalah metode kisah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana masing-masing siklus dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan. Setiap siklus terlaksana dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedang teknis pengumpulan datanya adalah teknik analisis kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan, dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dimana pada siklus I nilai rata-rata yang dicapai siswa hanya 67, 2 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,7.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.