MENINGKATKAN PENYEBUTAN SIKAP ASMAUL-HUSNA AL-ALIM,AL-KHABIR,AS-SAMI,AL-BASHIR MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI BASED LEARNING

Arie Zakaria

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi a).rendahnya motivasi siswa dalam belajar penyebutan  sikap  yang berkaitan dengan 4 Asmaul Husna al-alim,al-khabir,as-sami dan al-bashir. b)kurang memahami materi tentang asmaul husna,al-alim,al-khabir,as-sami dan al-bashir,c).pentingnya  penggunaan strategi pembelajaran inquiri based learning seperti menampilkan power point pada  materi  Asmaul Husna al-alim,al-khabir,as-sami dan al-bashir .Karena itulah, Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan.

Adapun penelitian tindakan kelas ini  dilakukan  pada kelas VIIA SMP Plus Murung Pudak yang berjumlah 32 siswa (laki-laki 15 perempuan 17 ).Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus. , metode melakukan penelitian siklus I dan II dengan metode yang sama yaitu  Inquiri Based Learning  yang kemudian mengisi LKS dan mempersentasikan temuannya ke depan kelas., sebelum dilakukan penelitian hasil yang didapat hanya mencapai 60%  setelah dilakukan  Penelitian Siklus I maka hasilnya bertambah menjadi 85%  lanjut Penelitian Siklus II ada peningkatan menjadi 94% ,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.