PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDN PULAU SATU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Darmayanti Darmayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV Sdn Pulau Satu dalam membaca Surah Al-Falaq dengan menggunakan model discovery learning (2)mengetahui aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran membaca surah Al-falaq (3) mengetahui aktifitas guru terhadap pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dalam pembelajaran membaca surah Al-Falaq .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif yaitu menggambarkan secara obyektif dan actual tahapan pembelajaran.sedangkan jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yaitu bentuk pembelajaran yang berrsifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meninggkatkan keaktifan belajar pai dengan model discovery learning .jenis penelitian kualitatif dengan menganalisa data secara kuantitatif melalui langkah -langkah pengumpulan pengolahan,penganaalisaan dan penyajian data dengan tekhnik observasi dan tes kemampuan siswa membaca surah al-falaq pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkat kan keaktifan  belajar siswa pada materi surah Al-Falaq dan mengubah prilaku siswa kearah yang fositif,hal ini diketahui dari nilai hasil belajar yang secara bertahap meningkat mencapai indikator ketuntasan belajar dan dibuktikan dari nilai tes hasil belajar siswa dari nilai rata-rata 45% dengan ketuntasan klasikaL 64% meningkat menajadi 81%  dengan ketuntasan klasikal 91%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.