MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE READING ALOUD DAN CARD SORT

Siti Niah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar membaca Surah Al-Asr melalui metode reading aloud dan card sort pada siswa kelas III SD Negeri3 Muara Dadahup

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III SD Negeri 3 Muara Dadahup dengan jumlah siswa 6 siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktifitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode reading aloud dan card sort dapat meningkatkan hasil belajar membaca surah An_nasr pada siswa Kelas III SD Negeri 3 Muara Dadahup. Aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II dterdapat peningkatan: hasil belajar siswa pada siklus I mendapat skor 57,1 naik menjadi 73,3 pada siklus II. Sedangkan aktivitas guru dan murid pada siklus I mendapat skor cukup (3,09) meningkat pada siklus II skor cukup (3,8)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.