PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI

Ainun Nufus

Abstract


Penelitian ini Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi aktif peserta didik di SDN Bangun Jaya yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar peserta didik  pada pembelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya varian metode dan model  pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model Pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik pada pembelajan PAI. Pada pembelajaran PAI  materi Aku Anak Soleh kelas IV di SDN Bangun Jaya Sukamara.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, serta akurat menganai fakta yang ada di lapangan.

Adapun Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Bangun Jaya. Sedangkan data penelitian diperoleh dari angket, observasi, serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat partisipasi aktif peserta didik meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. dibuktikan dengan aktivitas guru dan aktivitas Peserta didik yang ditunjukkan dengan tahapan-tahapan penerapan model ini yaitu pemberian stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, dan menarik kesimpula, dapat dikategorikan baik. Demikian juga dengan tingkat partisipasi aktif peserta didik dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan dibandingkan sebelum tindakan yaitu sebelum tindakan tingkat partisipasi aktif peserta didik sebesar 52.72%  dan setelah tindakan pada pertemuan ketiga sebesar 85,45%.


Full Text:

PDF

References


Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Armeylia Widyanti, Annisa. 2021. ”penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas VII pada mata pelajaran SKI di MTsN 1 Sidoarjo”. Surabaya: fakultas Tarbiyah UINSA Surabaya

Budiningsi, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Gulo. 2002. Metodologi Penelitian . Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Jamil, Suprihatiningrum. 2017. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi .Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiarti, Yatti.2014. Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan LKS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Kunnga. No. 3, (Desember, 2014)

Surawan, 2019. "Pernikahan Dini; Ditinjau dari Aspek Psikologi". Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.