MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELAS PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KUSAN HILIR

Rabiatul Adawiyah

Abstract


Pendidikan dan pembelajaran merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Pembelajaran merupakan wujud dari pelaksanaan pendidikan. Gagne, Briggs, dan Wager (1992) dalam Udin S. Winataputra (2007: 1.19) berpendapat bahwa pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.

Kualitas belajar siswa SMP Muhammadiyah Kusan Hilir masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Hambatan dapat berasal dari guru dan siswa itu sendiri. Hambatan dari guru antara lain guru menggunakan metode secara monoton. Guru kurang memahami metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Sebagai guru hendaknya pandai dalam memilih metode, teknik, maupun model pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Sedang hambatan dari siswa antara lain: motivasi belajar siswa rendah; kreatifitas siswa dalam pembelajaran masih kurang.

Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa guru perlu menggunakan “Metode Diskusi Kelas”. Dengan menggunakan ”Metode Diskusi Kelas” diharapkan kualitas belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan memberikan sumbangan informasi dan pemikiran tentang bagaimana ”Metode Diskusi Kelas” digunakan dalam pembelajaran. Selain itu juga untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi siswa dalam belajar. Dengan demikian untuk memperoleh kualitas belajar yang lebih baik maka perlu menggunakan “Metode Diskusi Kelas” dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.