UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN SURAH AT-TIN MELALUI METODE IQRA PADA KELOMPOK 1 SISWA KELAS V SDN 5 MELAYU

Norfaridah Norfaridah

Abstract


Pembelajaran Agama Islam tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi, Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Melalui metode IQRA Pada Siswa SDN-5 Melayu Kelas V Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode IQRA. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode IQRA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Pembelajaran dengan medel kooperatif learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (25,00%), siklus II (100,00%).Penerapan metode  pemberian tugas belajar dan resitasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode metode IQRA sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.