UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN SURAH AT-TIN METODE IQRA PADA KELOMPOK 1 SISWA KELAS V SDN-5 MELAYU

Norfaridah Norfaridah

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana Penerapan metode IQRA dapat meningkatkan kemampuan dan minat membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai kaidah mahkraj dan tajwiz serta menghasilkan kemampuan membaca yang benar pada siswa  pada siswa  SDN-5 Melayu Kelas V Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara.maka diharapkan membaca Al-Qur’an menjadi aktivitas rutin yang dilakukan siswa,sehingga terbentuk generasi qur’ani.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui metode penerapan IQRA meningkatkan kemampuan,perhatian serta minat membaca Al-Qur’an dengan benar(tartil),sesuai dengan kaidah mahkraj dan tajwiz pada siswa kelas V SDN 5 Melayu kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus dua tiga kali pertemuan dengan menggunakan metode IQRA.

Hasil penelitian menunjukan dari hasil pretes atau tes pada pra tindakan  memperlihatkan data antara lain skor rata rata kelas yaitu 60,00 dengan  prosentase ketuntasan dalam kelas yaitu 13,33 % dengan demikian masih terdapat sekitar 86,67% siswa yang harus dapat pengaruh yang intensif dari metode IQRA, pada siklus II skor rata rata siswa menjadi 70,00 dengan prosentasi ketuntasan dari keseluruhan menjadi 80,00% atau dari jumlah 15 siswa masih ada 3 siswa yang dikategorikan belum mencapai standar kemampuan baca Al-Qur’an.berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan tartil melalui metode IQRA pada siswa kelas V SDN 5 Melayu Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.