MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAKAN DAN HAFALAN BACAAN SHOLAT SISWA DENGAN MENGGUNAKANMETODE DRILL DI AWAL PELAJARAN

Iim Musyarofah

Abstract


Penelitian ini didasari kesenjangan antara usia yang telah menginjak baligh yaitu kelas VIII tetapi belum mahir dalam gerakan dan hafalan bacaan sholat. Hal ini disebabkan karena siswa tidak dibiasakan melakukannya dalam kesehariannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan gerakan dan hafalan bacaan dalam sholat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Haruai Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan dengan menggunakan metode drill di awal pelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 19 siswa dan objeknya adalah keterampilan gerakan dan hafalan bacaan sholat siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan dan hafalan bacaan dalam sholat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Haruai Tahun Pelajaran 2021/2022.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.