MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI MODEL TALKING STICK KELAS 2 SDN WALANGKIR

Ariyanto Ariyanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa “aktivitas dan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI di kelas II SDN Walangkir belum dapat di capai secara maksimal, dan karena pengaruh kebijakan pemerintah pada penanganan  wabah covid 19/kebijakan PPKM  dan pada guru yang masih menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode ceramah yang monoton tanpa melibatkan siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal hal di atas penulis menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick metode kooperatif.

Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan setting siswa kelas II SDN Walangkir Kecamatan Tanta tahun pelajaran 2021/2021, dengan jumlah siswa 22 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 11 perempuan. Strategi yang digunakan adalah model talking stick.

Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas , pada aktivitas siswa 69,98% dengan katagori “aktif” meningkat menjadi 84,52% dengan katagori sangat aktif”. Pada  Hasil siswa  meningkat menjadi 81,31 dengan ketuntasan 84,52% pada pertemuan.

Model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode talking stick siswa kelas II SDN Walangkir disarankan kepada guru agar dapat menjadikan model pembelajaran Talking stick ini menjadi salah satu alternatif dalam rangka meningkatkan kemampuan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.