MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA KELAS XI BDP SMKN 1 KUSAN HULU

Mohammad Abdul Mufid

Abstract


Media audio visual adalah media instruksional modern yang sesuai dengan perkembangan zaman, meliputi media yang dapat dilihat, didengar dan yang dapat dilihat dan didengar. Penekanan utama dalam pengajaran audio visual adalah pada nilai belajar yang diperoleh melalui pengalaman kongkret, tidak hanya didasarkan pada kata-kata belaka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui penggunaan media audio visual pada siswa kelas XI BDP SMKN 1 Kusan Hulu, (2) mengetahui penggunaannya dalam meningkatkan Hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas XI SMKN 1 Kusan Hulu.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas XI BDP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual pada mata pelajaran PAI dengan materi Berani Hidup Jujur mampu meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya siswa kelas XI BDP. Bukti secara kuantitatif dapat diketahui adanya peningkatan dalam uji variabel motivasi dari pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Dari hasil test juga mengalami peningkatan dari Hasil evaluasi 1 rata-rata 70 dan Hasil Evaluasi II rata-rata 86,8. Sedangkan bukti secara kualitatif adalah dapat dijelaskan dari banyaknya siswa yang menyatakan senang terhadap penggunaan media audio visual ini tumbuhnya motivasi, konsentrasi siswa pada mata pelajaran, PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.