MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI NABI MUHAMMAD TELADANKU DENGAN STRATEGI CIRCUIT LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS II SDN I SARI MULYA

Hasmiyah Hasmiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar PAI melalui metode circuit learning dan Talking Stick pada siswa Kelas 2 SDN 1 Sari Mulya  Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (circuit learning) pada peserta didik Kelas 2 SDN 1 Sari Mulya  Kabupaten Tanah Bumbu  dengan dua siklus.

Metode pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan circuit learning dan di bantu dengan  metode Talking Stick pada pembelajaran PAI mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan / menuntaskan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Circuit Learning dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi sikap jujur pada siswa kelas 2 SDN 1 Sari Mulya  Kabupaten Tanah Bumbu dan mempermudah guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan.

Hal ini terlihat dari dari peningkatan hasil rata-rata setiap siklusnya. Pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 70,21. Nilai rata-rata tersebut meningkat pada siklus I yaitu 75,28 dan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 87,71. Apabila dilihat dari perolehan nilai tertinggi pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai tertinggi yaitu 82, pada siklus I nilai tertinggi meningkat menjadi 90 dan pada siklus II nilai tertinggi yaitu meningkat menjadi 100. Persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus yang tuntas hanya 28,57%, pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42%. Hanya ada 1 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dikarenakan pengaruh intelegensinya yang kurang, padahal minat dan semangatnya cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.