PENERAPAN METODE READING A LOUD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN

Muhammad Khilmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Reading Aloud pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas V SDN UPT Bayat Belantikan Raya Kabupaten Lamandau Tahun Pelajaran 2021/2022. 

Prosedur penelitian ini menggunakan beberapa siklus sesuai penelitian tindakan kelas, terdiri dari; perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan , refleksi (reflecting). Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk kegiatan guru mengajar dan lembar observasi untuk aktifitas siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Reading Aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan presentase yang mencapai KKM dilihat dari nilai pos-test pada siklus I sebesar 45% dan siklus II sebesar 88%.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas V SDN UPT Bayat karena 44,44 siswa masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Proses pembelajarannya membosankan, Siswa banyak yang ramai dan bermain saat pembelajaran berlangsung. Siswa susah untuk memfokuskan diri dan memperhatikan penjelasan guru, sehingga hasil belajar siswa rendah dan kurang memuaskan. Upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan metode Reading Aloud.

Rumusan masalah pada PTK ini adalah Apakah penggunaan metode Reading a Loud dapat meningkatkan hasil belajar PAI dalam hal membaca al-Qur’an pada Surah At-tin untuk peserta didik kelas V di SDN UPT Bayat?


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.