PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 4 TAMBUN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM

Eva Karvina

Abstract


Pembelajaran di kelas 1 SD merupakan membelajaran tahap awal atau disebut membaca permulaan. Berdasarkan observasi awal, tiga dari enam siswa kelas 1 SDN 4 Tambun Raya belum bisa membaca dengan lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan PAKEM pada siswa kelas 1 SDN 4 Tambun Raya dan bagaimana efektifitas penerapan pendekatan PAKEM pada siswa kelas 1 SDN 4 Tambun Raya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 4 Tambun Raya yang belum bisa membaca permulaan.Subjek penelitian didapatkan dari hasil observasi dan wawancara.Kemudian subjek penelitian diberikan intervensi berupa pembelajaran membaca permulaan dengan pendekatan pembelajaran yang aktif,kreatif,efektif, dan menyenangkan ( PAKEM ). Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam dua siklus. Penggalian data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif,wawancara informal dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAKEM dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 4 Tambun Raya sebesar 12% pada subjek AP dan AZ, sedangkan subjek GY mengalami peningkatan sebesar 40%. Keberhasilan pendekatan ini tergantung pada kemampuan guru dalam membuat pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa,kreatifitas guru dalam menggunakan alat dan bahan pembelajaran, serta efektifitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi murid. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.