PENGGUNAAN METODE PENUGASAN LKPD GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI ASMAUL HUSNA SEMESTER I DI KELAS VII A SMP NEGERI 1 MUARA TEWEH TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Dewi Padmasari

Abstract


Penelitian studi tindakan (action research) ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar PAI materi Asmaul Husna semester I, menggunakan Metode Penugasan LKPD Google Form lokasi di SMP Negeri 1 Muara Teweh Tahun Pelajaran 2021/ 2022.  Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, analisis data statistik deskriptif.  Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari data pada tahap awal siklus (pretest) sebesar 25 %, setelah siklus I sebesar 37,5% dan pada siklus II naik menjadi 87,5%.  Nilai rata-rata hasil peserta didik pada awal siklus 57,5, setelah siklus I adalah 67,5 kemudian siklus II naik menjadi 82,5. Dengan demikian target yang ditetapkan peneliti menggunakan standar Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran untuk peserta didik secara klasikal yaitu  75 berhasil dicapai.  Aktivitas belajar peserta didik juga meningkat.  Pada awal siklus (pretest) berjumlah 460, kemudian siklus I jumlah nilai 540, siklus II meningkat signifikan menjadi 660. Dengan metode penugasan LKPD Google Form peserta didik lebih mudah mempelajari materi dan melaksanakan evaluasi baik di dalam kelas maupun di luar kelas, bersifat solutif untuk permasalahan keterbatasan waktu tatap muka dan pembelajaran jarak jauh akibat pandemic Covid-19. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik berhasil ditingkatkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.