METODE PENUGASAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI MASA COVID-19

Dewi Padmasari

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar PAI materi Asmaul Husna semester I dengan menggunakan Metode Penugasan LKPD Google Form lokasi di SMP Negeri 1 Muara Teweh Tahun Pelajaran 2021/ 2022.  Permasalahan yang melatarbelakangi rendahnya persentase hasil belajar peserta didik karena memerlukan waktu lebih banyak untuk mempelajari cakupan materi lebih luas terutama bagian materi yang dibahas oleh kelompok lain pada waktu Tatap Muka Terbatas akibat pandemi Covid-19 dan memerlukan latihan secara mandiri di luar kelas.  Peneliti belum maksimal memberikan pendalaman materi pada LKPD Google Form yang diberikan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, analisis data statistik deskriptif.  Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari data pada tahap awal siklus (pretest) sebesar 25 %, setelah siklus I sebesar 37,5% dan pada siklus II naik menjadi 87,5%.   Dengan demikian target yang ditetapkan peneliti menggunakan standar Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran untuk peserta didik secara klasikal yaitu  75 berhasil dicapai.  Dengan metode penugasan LKPD Google Form peserta didik lebih mudah mempelajari materi dan melaksanakan evaluasi baik di dalam kelas maupun di luar kelas, bersifat solutif untuk permasalahan keterbatasan waktu tatap muka dan pembelajaran jarak jauh akibat pandemic Covid-19.  Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik berhasil ditingkatkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.