PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SURAH AT-TIIN DI KELAS V SDN PUAIN KIWA

Marni Marni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dalam penerapan model discovery learning dalam pembelajaran membaca surah ‘At-Tiin dan untuk mengetahui penggunaan model discovery learning  dapat meningkatkan kemampuan membaca surah ‘At-Tiin Pada peserta didik Kelas V SDN Puain Kiwa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.  Penelitian ini menyatakan bahwa (1) Hasil observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor 75 (Baik).  Siklus II diperoleh skor 87,5 (Sangat Baik). (2) Hasil observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 67,5% (Aktif).  Siklus II diperoleh nilai 86% (Sangat Aktif). (3) Hasil belajar siswa siklus I pada aspek keterampilan diperoleh rata-rata nilai 68,90 dengan ketuntasan klasikal 50%.  Pada siklus II rata-rata 74,00 dengan ketuntasan klasikal 100%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.