PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATERI BERIMAN KEPADA ALLAH DAN RASULNYA KELAS 4 SDN 2 MELAYU

Noor Hidayati

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif learning dengan metode ceramah pada materi beriman kepada Allah dan Rasulnya Kelas 4 SDN 2 Melayu Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara. Penelitian ini bertujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui metode mengkaji bahwa metode ceramah  dan pembelajaran kooperatif Learning dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama Rasul dan mengenal Allah melaui ciptaannya serta lewat Al-Qur’an (Asmaul Husnah)?

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan dengan menggunkan metode ceramah.

Hasil penelitian menunjukkan maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode ceramah  dan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama Rasul dan asmaul husna serta cara mengenal Allah SWT lewat ciptaannnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan perolehan nilai dari pre tes dampai siklus II secara signifikan. Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.