PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DENGAN METODE CERAMAH DI SEKOLAH DASAR

Noor Hidayati

Abstract


Masalah utama masih banyak siswa yang kurang sepenuhnya paham serta mampu menyebutkan nama-nama Rasul dan mengenal Allah melaui ciptaannya serta lewat Al-Qur’an (Asmaul Husnah)

Tujuan untuk mengetahui dan mengkaji bahwa metode ceramah  dan pembelajaran kooperatif Learning dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama Rasul dan mengenal Allah melaui ciptaannya serta lewat Al-Qur’an (Asmaul Husnah)?

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan dengan menggunkan metode ceramah bertempat di SDN-2 Melayu

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ceramah  dan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama Rasul dan asmaul husna serta cara mengenal Allah SWT lewat ciptaannnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I 10% tuntas meningkat di siklus II 90% tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dikategorikan sangat baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.