UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE CERITA

Ibnu Rahhim

Abstract


Masalah utama siswa pada sekolah dasar untuk suatu kisah dan sejarah tanpa bercerita akan sulit siswa memahami dan menyerap pembelajaran materi iman pada rasul.

Tujuan dari penelitian ini adalah untukĀ  meningkatkan hasil belajar siswa terutama pemahaman dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi iman pada rasul meningkatkan kemampuan memahami siswa SDN 2 Sikan Kabupaten Barito Utara.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan dengan menggunakan media audio visual.

Hasil penelitian menunjukkan dari hasil pretes atau tes pada pra tindakan memperlihatkan data dari awal pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan shingga nilai KKM terpenuhi dan dinyatakan tuntas lebih dari 80% siswa.

Berdasarkan hasil analisis data, maka yang menjadi kesimpulan adalah sebagai berikut :

Pemanfaatan metode cerita sebagai alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi PAI, tentang iman pada rasul pada siswa kelas V SDN-2 Sikan tahun ajaran 2021/2022. Pembelajaran materi perilaku terpuji dengan metode cerita dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Langkah-langkah yang diperlukan dalam penggunaan metode cerita antara lain :

a. Menyediakan tempat dan ruangan.

b. Menugaskan siswa mendengar dengan baik dan seksama

c. Menyiapkan materi cerita tentang kisah rasul dengan video

d. mengamati tingkah laku siswa di sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.