MEMBIASAKAN BERPERILAKU TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III SDN 1.2 SULINGAN

Mardinah Mardinah

Abstract


Tujuan Peneliatian  ini adalah untuk membiasakan prilaku terpuji melalui pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas II SDN 1.2 Sulingan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1.2 Sulingan  dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang 10 laki-laki dan 10 perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara bertahap siswa dapat membiasakan perilaku terpuji meningkatkan penerapan perilaku terpuji.  Pada siklus 1 kemampuan membiasakan perilaku terpuji perilaku percaya diri mencapai rata-rata 73,66 klasifikasi sedang kemampuan siswa meningkat pada siklus 2 dalam membiasakan perilaku tekun mencapai rata-rata 92,33 klasifikasi berhasil. seluruh siswa mampu membiasakan kedua aspek perilaku terpuji tersebut yang ditunjukkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas meningkatnya kemampuan siswa. Meningkatnya kemampuan siswa menerapkan perilaku terpuji sejalan pula dengan meningkatnya : a) aktivitas guru dalam pembelajaran mencapai rata-rata 94, 16 klasifikasi sangat baik, b) aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai rata-rata 81,45 nama klasifikasi  aktif dan c) nilai hasil belajar mencapai rata-rata kelas 81,25 berada dalam klasifikasi berhasil diatas KKM yang diterapkan dalam mata pelajaran PAI sebesar 70.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.