MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SYAJA’AH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS XI BDP SMK NEGERI 1 MARABAHAN

Rahimah Rahimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan belajar siswa di kelas XI BDP SMK Negeri 1 Marabahan pada materi pelajaran Syaja’ah melalui penggunaan  pembelajaran model Kooperatif  tipe Problem Based Learning , mengetahui aktivitas guru di kelas XI BDP SMK Negeri 1 Marabahan pada materi pelajaran Syaja’ah sebelum diterapkan model Kooperatif tipe Problem Based Learning dan Juga mengetahui kondisi diterapkannya model pembelajaran tersebut.

                Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilaksanakan dalam 2 siklus . Subyek penelitian ini siswa kelas XI BDP SMK Negeri 1 Marabahan yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan pada semester I tahun ajaran 2021/2022. Jenis data yang diambil berupa data kualitatif melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif yang berupa hasil evaluasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I memperoleh skor 24 mengalami perubahan pada siklus II menjadi 40. Aktivitas siswa pada siklus I dari 60%, meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikalnya 53,33%, meningkat pada siklus II menjadi 87%.

Kesimpulannya bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Kelas XI BDP SMK Negeri 1 Marabahan meningkat dan hipotesis dapat diterima dengan baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.