UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI ASMAUL HUSNA PESERTA DIDIK KELAS X 6 SMA NEGERI 4 MUARA TEWEH

Rina Candrayanti Wahyu Ningsih

Abstract


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Asmaul Husna Peserta Didik Kelas X 6 SMAN 4 Muara Teweh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Asmaul Husna pada peserta didik kelas X 6 SMAN 4 Muara Teweh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X 6 SMAN 4 Muara Teweh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, yang berjumlah 7 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar dikatakan berhasil apabila persentase ketuntasan peserta didik mencapai 80% atau lebih dengan kriteria baik. Penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar peserta didik masih dalam  kriteria kurang yaitu sebesar 42,86%, jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 3 dari 7 jumlah peserta didik, dan belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaian kriteria baik dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85,71 %, jumlah peserta didik yang tuntas belajar adalah 6 peserta didik dari jumlah 7 peserta didik.   Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan belajar menyenangkan dan penggunaan model belajar mind mapping, melalui perencanaan pembelajaran yaitu: (1) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) Menyusun lembar observasi guru dan peserta didik, (3) menyiapkan media pembelajaran, (4) menyiapkan LKPD, (5) menyiapkan soal evaluasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.