MIND MAPPING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 4 MUARA TEWEH

Rina Candrayanti Wahyuningsih

Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X 6 materi Asmaul Husna adalah latar belakang masalah yang peneliti hadapi, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat,guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga peserta didik tidak dapat memahami materi dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi Asmaul Husna pada peserta didik kelas X 6 SMAN 4 Muara Teweh Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, evaluasi dan dokumentasi. Instrument dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis dengan tehnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 42,86% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan kategori kurang, sedangkan pada hasil Siklus II sebesar 85,71% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan kategori baik. Model pembelajaran mind mapping ini berpengaruh positif dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X 6 SMAN 4 Muara Teweh secara signifikan. Harapan peneliti, model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi lain.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.