PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS II SD NEGERI PANTAI ULIN

Muhammad Arifin

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah kemampuan praktik siswa dapat ditingkatkan dengan penerapan media AudioVisual pada materi shalat pada siswa kelas II di SD Negeri Pantai Ulin Hulu Sungai Selatan.

Permasalahan tersebut dibahas melalui hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Pada setiap pertemuannya 2x35 menit. Setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara tes praktik dan observasi. Semua data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kemampuan praktik shalat siswa dapat ditingkatkan dengan penerapan media AudioVisual pada kelas II SD Negeri Pantai Ulin kab. Hulu Sungai Selatan. Hal ini dapat dilihat dari persentasi ketuntasan klasikal pada pra siklus 50%, kemudian naik pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 83,3%, dan pada siklus II ketuntasan klasikal  mencapai  100%. Hal ini sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang ditentukan yaitu 70 %.

Hasil nilai rata-rata kemampuan praktik peserta didik juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu pada pra siklus I dengan nilai rata-rata 71,8. Pada siklus I nilai rata-rata 83, dan siklus II mencapai rata-rata 90. Hal ini sudah mencapai Indikator yang ditetapkan yaitu rata-rata kelas harus mencapai KKM yaitu nilai lebih dari atau sama dengan 70.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.