PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAFALKAN SURAH AL FATIHAH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS I SD ISLAM BIFAHMIL ANBIYA

H. Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Audio Visual dalam menghafal QS. Al-Fatihah; Untuk mengetahui peningkatan Hafalan siswa kelas I semester ganjil SDN 106162 Medan Estate dalam penerapan strategi Pembelajaran Audio Visual dalam menghafal QS. Al-Fatihah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interaktif dan pendekatan penelitian tindakan kelas PTK yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas I SD Islam  Bifahmil Anbiya. Dari penelitian yang dilakukan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan  tes menghafal QS. AlFatihah dengan 2 siklus, terlihat adanya peningkatan hasil hafalan yang dicapai siswa dalam menghafal QS. Al-Fatihah. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan menghafal siswa hanya 80 %,sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi media audio visual  meningkat mencapai 100%. Respon siswa juga meningkat, data hasil observasi terhadap aktivitas siswa dari 80 % pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.