PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PENGURUSAN JENAZAH MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI ATP SMKNEGERI 2 MUARA TEWEH TAHUN AJARAN 2021/2021

Sumiati Sumiati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam penggunaan
media pembelajaran yang menjadikan hasil belajar peserta didik kurang
baik. Dalam kasus yang terjadi di SMK Negeri 2 Muara Teweh ini media
pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi
pelajaran masih menggunakan metode ceramah, dimana guru lebih aktif
berbicara dan siswanya cenderung diam untuk mendengarkan
penyampaian, sehingga menjadikan siswa tidak bisa menguasai materi
dengan baik. Untuk mengatasi itu semua peneliti menyarankan untuk
menggunakan media baru sebagai cara untuk meningkatkanminatbelajar
siswa. Metode Demonstrasi adalah media yang mempunyai unsur
gambar danunsur peragaan.Studi ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan “Apakah penggunaan metode dapat meningkatkan hasil
belajar siswa Di SMK Negeri 2 Muara Teweh. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang
dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian
diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan
yang dilakukan maupun data dari guru kelas, dengan penelitian
tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah
dilakukan tindakan kelas yang dilakukan di setiap siklus. Hasil yang
penelitian peroleh adalah penggunaan metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI ATP dengan jumlah siswa 15
orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan ketuntasan belajar
siswa yang cukup signifikan dari dua siklus yang telah dilaksanakan, indikasinya adalah kenaikan nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu
66,77; pada siklus I 75,00 dan 80,00 pada siklus II. Demikian pula pada
persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu
33,3% pada pra siklus, 53,3 % pada siklus I, dan 100% pada siklus II.Berarti kenaikan persentase ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I
setelah dilakukan perbaikan sebesar 20%, dan meningkat pada siklus I
kesiklus II sebesar 46,7%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.