PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGURUSAN JENAZAH METODE DEMONSTRASI SISWA ATP SMK NEGERI 2 MUARA TEWEH

Sumiati Sumiati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam penggunaan media pembelajaran yang menjadikan hasil belajar peserta didik kurang baik. Dalam kasus yang terjadi di SMK Negeri 2 Muara Teweh ini media pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan metode ceramah, dimana guru lebih aktif berbicara dan siswanya cenderung diam untuk mendengarkan penyampaian, sehingga menjadikan siswa tidak bisa menguasai materi dengan baik. Untuk mengatasi itu semua peneliti menyarankan untuk menggunakan media baru sebagai cara untuk meningkatkanminatbelajar siswa. Metode Demonstrasi adalah media yang mempunyai unsur gambar danunsur peragaan.Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di SMK Negeri 2 Muara Teweh.

Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data dari guru kelas, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah dilakukan tindakan kelas yang dilakukan di setiap siklus. Hasil yang penelitian peroleh adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI ATP dengan jumlah siswa 15 orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan ketuntasan belajar siswa yang cukup signifikan dari dua siklus yang telah dilaksanakan, indikasinya adalah kenaikan nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 66,77; pada siklus I 75,00 dan 80,00 pada siklus II. Demikian pula pada persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 33,3% pada pra siklus, 53,3 % pada siklus I, dan 100% pada siklus II.

Berarti kenaikan persentase ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus I setelah dilakukan perbaikan sebesar 20%, dan meningkat pada siklus I kesiklus II sebesar 46,7%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.