MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI MUJAHADAH AN-NAFS, HUSNUZZAN DAN UKHUWAH MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X IPA 1 SMAN 1 MARABAHAN

Badiyah Badiyah

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Demonstrasi  aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dapat ditingkatkan.Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Marabahan jumlah peserta didik 35 orang  yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 19 orang  perempuan.  

Teknik pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar PAI di kelas X IPA 1 SMAN 1 Marabahan.

Peningkatan didasarkan pada hasil penelitian siklus I, dimana ada beberapa siswa yang belum mempunyai minat untuk belajar dan memperhatikan pelajaran. Pada penelitian siklus II sudah mulai terlihat hampir seluruh siswa sudah memiliki minat belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran siswa terlihat memperhatikan dan merasa senang dengan proses pembelajaran tersebut, dan siswa terlihat sangat berantusias untuk mengikuti pelajaran dan berani untuk bertanya.

Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 85,71. Jumlah siswa mampu mencapai KKM ≥ 70 pada siklus I ada 24 siswa, dan pada siklus II ada 32 siswa. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus ke II sebesar 90%. Selain itu minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.