PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DAN BP PESERTA DIDIK KELAS X OTKP SMKN 3 MUARA TEWEH PADA MATERI AKU SELALU DEKAT DENGAN ALLAH SWT. SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Angeli Amorvana

Abstract


Penelitian tindakan kelas (action research) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMKN 3 Pada Materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah Swt Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan evaluasi/tes. Sementara pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi  dan hasil evaluasi/tes . Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMKN 3 Muara Teweh Pada Materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah Swt Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022.

            Peningkatan didasarkan pada hasil penelitian siklus I, dimana ada beberapa peserta didik yang nilai belajar belum tuntas. Pada penelitian siklus II pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping  dimana penerapan model ini sudah terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan BP di kelas X OTKP SMKN 3 Muara Teweh.

Siklus I rata-rata kelas sebesar 68,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 42,86% dan pada siklus II meningkat menjadi  80,00 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Adapun aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas peneliti yaitu: siklus I pada peserta didik sebesar 53,06% (kurang), peneliti sebesar 63,89% (cukup) dan pada siklus II aktivitas peserta didik meningkat  menjadi  80,61% (baik), peneliti sebesar 83,33% (baik). Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dan meningkatnya aktivitas peserta didik dan peneliti dalam setiap siklus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.