MODEL MIND MAPPING SALAH SATU CARA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMK

Angeli Amorvana

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui model Mind Mapping salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMKN 3 Muara Teweh Pada Materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah Swt Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah menggunakan model Mind Mapping ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMKN 3 Muara Teweh Pada Materi Aku Selalu Dekat Dengan Allah Swt Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.

Siklus I rata-rata kelas sebesar 68,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 42,86% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi  80,00 dengan persentase ketuntasan 85,71%. Adapun aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas peneliti yaitu: siklus I pada peserta didik sebesar 53,06% (kurang), peneliti sebesar 63,89% (cukup) dan pada siklus II aktivitas peserta didik meningkat  menjadi  80,61% (baik), peneliti sebesar 83,33% (baik). Keberhasilan proses pembelajaran ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dan meningkatnya aktivitas peserta didik dan peneliti dalam setiap siklus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.