MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

Dwi Susanti

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sumber Hukum Islam dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Alalak  yang berjumlah 29 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dengan  dua kali pertemuan tatap muka pada setiap siklusnya. Teknik pengambilan data dengan lembar observasi, tes hasil belajar, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning, kemudian data  dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Sumber Hukum Islam di SMA Negeri 1 Alalak  Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Aktivitas belajar  siswa,  pada  siklus 1 pertemuan 1 adalah 64,51%  dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 75,86%. Pada  siklus 2 pertemuan 1 aktivitas siswa 82,47% dan pada pertemuan 2 meningkat  menjadi 85,92%. Hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I tingkat pencapaian ketuntasan belajar  secara klasikal mencapai 68,97 % ,  dan pada siklus II mencapai meningkat mencapai 89,66%. Tanggapan / respon siswa setelah belajar materi Sumber Hukum Islam dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning meningkat hal ini ditunjukkan dari hasil angket yang diisi siswa bahwa belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti itu menyenangkan dan mempermudah dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.