MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERWUDU SISWA SMPN 1 TANJUNG MELALUI METODE DEMONSTRASI

Hariyadi Hariyadi

Abstract


Sekolah merupakan tempat pendidikan bagi siswa. Sungguh sangat disayangkan jika terdapat ada atau beberapa anak yang tidak terampil dalam berwudu, padahal wudu adalah salah satu syarat diterimanya shalat. Hal ini terjadi karena cara mengajar guru yang banyak menggunakan metode ceramah dan kurang memaksimalkan metode deomstrasi. Karena itu di tahun pelajaran 2021/2022 dilakukanlah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peningkatan ketermpilan berwudu siswa dengan metode demonstrasi sebagai sampel sobjek penelitian siswa kelas VIIC SMPN 1 Tanjung dengan jumlah siswa 29 0rang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 15 puteri.

Dengan teknik analisis data  kualitatif dengan kerangka induktitif kualitatif yang tadinya telah dikumpulkan melalui .teknik observasi, test praktek dengan menggunkan lembar instrument tes, akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa:  1) dengan mengunakan metode demonstrsi hasil belajar  keterampilan berwudu siswa kelas VIIC SMPN 1 Tanjung   meningkat, 2) dengan mengunakan metode demonstrsi, aktivitas siswa pada proses belajar keterampilan berwudu siswa kelas VIIC SMPN 1 Tanjung menjadi lebih meningkat, dan 3) dengan mengunakan metode demonstrsi, aktivitas guru  pada pembelajaranketerampilan berwudu  siswa kelas VIIC SMPN 1 Tanjung menjadi  lebih efektif yang pada siklus 1 86% meningkat pada siklus 2 menjasi 97%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.