PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SURAH AL-KAFIRUN DI SDN DAMSARI

Sunarti Sunarti

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Surah Al-Kafirun di SDN Damsari.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami makna Surah Al-Kafirun di kelas VI SDN Damsari

Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa kelas VI SDN Damsari. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus,setiap siklus 2 kali pertemuan yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran dibuat menggunakan model Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan tes,observasi,dan wawancara. Subjek penelitian adalah guru PAI kelas VI dan sebagai informen adalah siswa .

Hasil penelitian diperoleh: Hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 1, adalah 33% tuntas dan 67% tidak tuntas, hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemuan 2 adalah 50% tuntas dan 50% tidak tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus 2 pertemuan 1 yaitu, 67% tuntas dan 33 % tidak tuntas, hasil belajar siswa pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 83% tuntas artinya pembelajaran dengan model Discovery Learning efektif untuk materi PAI Surah Al-Kafirun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.