MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH

Hidayah Hidayah

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Cooperative Learning tipe make a match untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN 4 Simpang Empat Kab. Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 4 Simpang Empat yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dengan tehnik pengumpulan data Obsevasi, Evaluasi atau Tes, dan Dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan Lembar Observasi dan Soal Tes. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa, dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar dari siklus I, Persentasi ketuntasan mencapai  46,7 % yang hanya dicapai oleh 14 orang siswa dari 30 siwa dan setelah dilakukan tindakan pada siklus ke II Persentasi meningkat dengan ketercapaian hingga 100% dimana seluruh siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal dari hasil belajar PAI pada materi Beriman Kepada Kitab-kitab Allah swt.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.