JURNAL PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI TEMA BERSIH ITU SEHAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

Rapiah Rapiah

Abstract


Peningkatan Hasil Belajar PAI Tema Bersih Itu Sehat  melalui Model Pembelajaran Example Non Example  Siswa Kelas I  SDN 1 Jaing Hilir Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas I pada  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada tema Bersih itu Sehat.

Model pembelajaran Examples Non Examples menjadi solusi permasalahannya karena model ini membelajarkan kepekaan siswa terhadap permasalahan yang ada di sekitarnya melalui contoh-contoh berupa gambar/foto/kasus yang bermuatan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 1 Jaing Hilir dengan dua siklus tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada tema Bersih itu Sehat dimana aktivitas siswa Siklus I pertemuan 1 berada pada kategori cukup yaitu 42%, meningkat pada pertemuan 2 dengan kategori baik yaitu 63%. Pada siklus II pertemuan 1 masih berada pada kategori baik yaitu 80%, meningkat pada pertemuan 2 dengan kategori sangat  baik yaitu 86%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 rata-rata 64 dengan ketuntasan  64%, mengalami peningkatan pertemuan 2 rata-rata 67 dengan ketuntasan  73%. Pada siklus II siklus I pertemuan 1 rata-rata 76 dengan ketuntasan  82%, mengalami peningkatan pertemuan 2 rata-rata 85 dengan ketuntasan  91%,   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.