MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH, MENCINTAI AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 4 TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurul Riyawati Jannah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan  : meningkatkan  nilai hasil belajar peserta didik pada kelas VIIIa , materi iman kepada kitab-kitab Allah mencintai Al-Qur’an, subjek penelitian ini adalah 16 orang peserta didik kelas VIIIa SMP Negeri 4 Tamban,yang mengikuti pembelajaran secara daring. Tindakan penelitian dilakukan dalam 2 siklus mengajar, setiap siklus satu kali pertemuan dan ada beberapa tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran dilakukan dengan mengkolaborasikan pembelajaran daring dan luring. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis. Subjek penelitian adalah Guru PAI yang mengajar di kelas VIIIa.

            Hasil Penelitian  diperoleh : (1)pada siklus 1 hanya 50% dari jumlah siswa yang yang memperoleh hasil belajar mencapai nilai KKM, sedangkan 50% sisanya memperoleh nilai di bawah KKM. Sedangkan pada siklus 2, ada beberapa peningkatan, yaitu : 1) hasil belajar meningkat, pada siklus 1 hasil belajar siswa Hanya sekitar 50% siswa yang mencapai KKM, pada siklus 2 hasil belajar siswa yang berhasil mencapai nilai mencapai KKM adalah 87%  pada materi iman kepada kitab-kitab Allah dengan menggunakan metode blended learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.